SOSIALISASI FASILITAS KEIMIGRASIAN BAGI ANAK BERKEWARGANEGARAAN GANDA TERBATAS

21 Oktober 2022

Demi memberikan pemahaman terkait fasilitas keimigrasian bagi anak berkewarganegaraan ganda, Kantor Imigrasi Tangerang mengadakan sosialisasi terkait hal tersebut kepada para penjamin atau sponsor yang melakukan perkawinan campuran (20/10).

Kegiatan dibuka oleh sambutan dari Plt. Kepala Kantor Imigrasi Tangerang yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian yang menyatakan bahwa sosilaisasi ini merupakan wadah berbagi informasi dan berkoordinasi terkait pelayanan fasilitas keimigrasian sehingga Imigrasi Tangerang dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Bertindak sebagai narasumber yaitu Gusti Widyandina, selaku Analis Keimigrasian Pertama, yang memberikan materi tentang affidavit dan juga aturan-aturan terbaru di bidang keimigrasian. 

Anak Berkewarganegaraan Ganda Terbatas merupakan anak yang lahir dari perkawinan campuran karena perbedaan kewarganegaraan, dimana salah satu pihak adalah warga negara Indonesia dan pihak lainnya adalah warga negara asing.  Dikarenakan lahir dari orang tua yang berbeda kewarganegaraan, maka anak berkewarganegaraan ganda terbatas ini dapat memiliki dua kewarganegaraan,  setelah usia 18 tahun  atau sudah kawin anak tersebut harus menyatakan memilih salah satu kewarganegaraannya.

 

Salah satu peserta sosialisasi Irwan Sahid, menyampaikan apresiasinya terhadap acara ini dan berharap agar kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin terutama apabila ada aturan-aturan keimigrasian terbaru lainnya.

 

Kembali