PELATIHAN BAHASA ISYARAT, KOMITMEN KAMI UNTUK MENDUKUNG LAYANAN RAMAH HAM

19 Oktober 2022

 

Tangerang (19/10/2022) Demi mewujudkan Pelayanan Prima, berbagai pelatihan diselenggarakan seiring dengan pemenuhan kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang semakin tinggi.

Pada kesempatan hari ini, Kantor Imigrasi kelas I Non TPI Tangerang melaksanakan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima dengan mengundang narasumber dari Pusat Bahasa Isyarat
Indonesia (PUSBISINDO) bertempat di Aula Lantai dua gedung Kanim Tangerang.

Pusbisindo merupakan pusat pelatihan bahasa isyarat yang didirikan dengan tujuan agar masyarakat umum dapat menerima komunitas tuli sebagai bagian dari masyarakat juga, mengerti dan mendukung komunitas tuli untuk mendapatkan hak dan kewajiban yang setara, serta mendapatkan dukungan dari pemerintah untuk mengakui bahasa isyarat yang digunakan oleh komunitas tuli.

Pelatihan ini diharapkan agar dapat memfasilitasi dan membantu menjembatani komunikasi antara penyandang tuli dan petugas pada instansi-instansi pelayanan umum dan masyarakat.

Kegiatan dibuka oleh Rahmatun Najihah El Hassan, Kasubag Tata Usaha Kanim Tangerang, dan diikuti oleh peserta dari Kanim Tangerang, Lembaga Pemasyarakatan, serta instansi pemerintah lainnya seperti Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri dan Polres Metro Kota di wilayah Tangerang.

Dalam sambutannya, Rahmatun menyampaikan bahwa pelayanan prima menjadi salah satu titik tolak kepuasan masyarakat terhadap penilaian sebuah organisasi. Pelayanan prima juga wajib diberikan kepada penyandang disabilitas, termasuk penyandang tuli/tuna rungu. Tidak ada diskriminasi, bahkan harus difasilitasi.
 
Beliau juga mengharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan kepada petugas dari instansi-instansi yang melayani masyarakat, agar dapat membantu berkomunikasi dengan penyandang disabilitas.

Acara berlanjut dengan penyampaian materi pelatihan yang disampaikan oleh Wilma Redjeki dari Pusbisindo. Peserta pelatihan dengan antusias mengikuti jalannya pelatihan hingga ujung acara.


Narahubung: Ruri Febrina (081286667077)

 


 

Kembali

Imigrasi Web Application - Error