Gelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Tangerang Selatan, Imigrasi Tangerang Bangun Penguatan Sinergitas Antar Instansi/Lembaga

25 Maret 2021

Tangerang, 25/03/2021 – Membangun sinergitas antar instansi/Lembaga merupakan hal yang penting terutama dalam pengawasan orang asing sampai ke tingkat kecamatan khususnya yang berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang. Guna optimalisasi pengawasan tersebut, Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) sangat berperan penting sebagai wadah koordinasi dan sinergitas pengawasan orang asing sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing institusi dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan dalam masa pandemic Covid-19. 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Felucia Sengky Ratna mengawali kegiatan dengan menyampaikan laporan hal-hal terkait tentang keberadaan dan pengawasan orang asing di wilayah kerjanya serta tugas dan fungsi khususnya kegiatan Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian yang saat ini sedang beliau pimpin.

Dilanjutkan den gan sambutan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany yang turut hadir dalam Rapat Koordinasi Timpora Tangerang Selatan serta instansi-instansi yang berkaitan erat dengan orang asing. Airin mengapresiasi langsung kegiatan Rapat Koordinasi Timpora yang membantu dalam pengawasan terhadap orang asing khususnya dalam naungan wilayah kerjanya agar terciptanya harmonisasi penduduk baik Orang Asing dengan masyarakat setempat. 

 

Membuka Rapat Koordinasi sekaligus memberikan sambutan yang dilaksanakan di Pranaya Boutique Hotel BSD, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Agus Toyib, dalam arahannya menyampaikan bahwa orang asing yang ada di Indonesia harus memiliki maksud dan tujuan yang jelas. Selain itu Agus juga menghimbau untuk segera menindak orang asing yang terbukti melakukan pelanggaran. Dalam kesempatan kali ini, Agus juga menyampaikan bahwa Kantor Imigrasi tidak dapat bergerak sendiri. Hal ini dikarenakan terbatasnya Kantor Imigrasi di wilayah Provinsi Banten. Oleh karena itu diharapkan Tim Pora pada setiap kota dan kabupaten dapat sinergi dalam melakukan pegawasan terhadap keberadaan orang asing.

 

Acara ini dilanjutkan dengan paparan dengan narasumber Kepala Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol), Wawang Kusdaya,dan Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Banten, Huntal H. Hutauruk dengan materi terkait tugas dan fungsi Timpora, serta diskusi antar instansi/Lembaga dalam mencari solusi dan penguatan tugas dan fungsi Timpora dalam pengawasan keberadaan orang asing di wilayah Tangerang Selatan. Tentunya kegiatan ini terus berkesinambungan dan menjadi langkah nyata dalam membangun sinergitas yang dapat meningkatkan kinerja masing-masing instansi/lembaga. (Tikim)

 


Penulis:

Purwasary, Analis Keimigrasian Ahli Muda 

Kembali