PENGUATAN PERAN PENGAWASAN INTERNAL ITJEN DALAM INTERNALISASI CORE VALUE BERAKHLAK UNTUK MENJAGA KEAGUNGAN KEMENKUMHAM TAHUN 2022

3 November 2022

Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang Mengikuti Hari Jadi Inspektorat Jenderal ke-56 yang bertema “APIP BERAKHLAK, KEMENKUMHAM BERMARTABAT” yang bertujuan untuk Penguatan Peran Pengawasan Internal lnspektorat Jenderal dalam Internalisasi Core Value Berakhlak untuk Menjaga Keagungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2022 bertempat di ruang rapat lantai 2 Kanim Tangerang, Jajaran Imigrasi Tangerang hadir mengikuti kegiatan tersebut secara virtual.pada Kamis (3/11). 

Menurut Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Razilu, “kita harus menciptakan lingkungan yang dapat mendukung untuk terus melahirkan inovasi-inovasi yang dapat menjadi contoh agar bisa memperkuat organisasi dan meningkatkan kinerja Itjen”.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly yang dalam hal ini memberikan sambutan, menyampaikan Inspektorat Jenderal memiliki peranan penting dalam mengawal kinerja sebuah organisasi, termasuk bagi Kementerian Hukum dan HAM RI. Menurutnya Itjen bukan hanya sekedar pelengkap organisasi, namun Itjen harus menjadi Center of Excellence. Untuk itu, Itjen perlu secara continue mengoptimalkan fungsi Quality Assurance, Consulting, dan menjadi Strategic Partner dalam mengawal kinerja, Tujuannya untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan negara, memperbaiki tata kelola pemerintahan, dan pengendalian atas risiko," terang Yasonna.

Oleh karena itu Yasonna mengimbau kepada semua pimpinan Unit Utama, Kakanwil, dan Ka UPT untuk terus tanpa lelah melakukan pembinaan ke jajaran melalui aktualisasi tata nilai PASTI dan core value ASN BerAKHLAK.

Adapun tema dalam memperingati hari jadi Itjen ke-56 “APIP BERAKHLAK, KEMENKUMHAM BERMARTABAT” ini diambil untuk memberikan pesan mendalam bahwa Insan APIP sangat mendambakan Kemenkumham Bermartabat dan hanya akan dicapai dengan Aktualisasi Core Value BerAKHLAK.
 
 
 
 

Kembali