Kumham PR Summit 2021

23 November 2021

Tangerang  (23/11)- Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual DJKI telah menyusun Rencana Strategis (Renstra) DJKI Tahun 2020-2024, salah satu poin utama terkait upaya mewujudkan ekosistem kekayaan intelektual sebagai poros ekonomi nasional menuju Indonesia unggul. Sehubungan dengan hal tersebut, DKJI menyelenggarakan Rapat Kordinasi Teknis dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM di Bidang Kekayaan Intelektual  dengan Tema “PR SUMMIT 2021, Sinergi Humas Kemenkumham untuk Indonesia Tangguh di Era Ekonomi Digital”. 

Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, khususnya Seksi Tikim yang membawahi Subseksi Kehumasan turut hadir dalam kesempatan ini, mengikuti rangkaian kegiatan melalui ruang Zoom.  Rangkaian acara ini sengaja di design oleh DJKI Kementerian Hukum dan HAM untuk bisa memperdalam kemampuan kita, memberikan inspirasi, motivasi dan beragam hal berharga kepada kita semua segenap insan PR (Publik Relation) atau Humas dilingkungan Kemenkumham, karena selama ini seperti yang kita tahu bersama, ada persepsi yang mengatakan bahwa humas hanyalah sekedar pelengkap belaka padahal insan humas dengan segala macam kinerja tugas dan kewajibannya memiliki peranan yang sangat strategis untuk menentukan citra dan reputasi positif Kemenkumham.  

Turut memberikan Keynote Speech  sebagai penguatan dilingkungan Kemenkumham, Bapak Razilu, selaku Plt. Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual. Menurut Razilu, kerap kali Kemenkumham harus merasakan viralitas pemberitaan negatif mengenai pelayanan yang belum memenuhi ekspektasi masyarakat. Berbagai kesalahan yang dilakukan pegawai seperti fenomena politik dan kasus- kasus lainnya serta pemberitaan lama yang dapat mengiring opini publik hingga secara langsung maupun tidak langsung dapat mengganggu stabilisasi. Disinilah peran PR/Humas untuk mengendalikan situasi tersebut secara cepat dan tepat. “Humas harus bisa mengolah pesan yang disampaikan oleh pimpinan untuk dapat diterjemahkan secara baik menjadi suatu pemberitaan yang menarik sehingga dapat menaikan citra positif yang bermanfaat dan bernilai jual dimata masyarakat”, ucap Razilu. Sebarkan setiap pemberitaan kepada media, sehingga akan menjadi berita penting yang tidak akan hilang begitu saja.


Pada kesempatan ini juga diumumkan pemberian penghargaan sebagai bentuk apresiasi Kemenkumham Kepada Unit eselon I dan Kantor Wilayah untuk kategori Pemberitaan positif dan kategori pengelolaan media sosial Instagram berturut – turut diberikan kepada Kanwil Jawa Timur, Ditjen Imigrasi dan Ditjen Pemasyarakatan.

Tentunya pencapaian ini tidaklah mudah, perlu kerja keras. Jadilah insan humas yang terus berinovasi, beradaptasi khususnya di era digital saat ini. Kemajuan teknologi ini terjadi bukan dari bulan ke bulan , bukan juga dari tahun ke tahun tapi kemajuan teknologi ini berubah dari hari ke hari. Oleh karena itu jika kita tidak bergerak cepat maka kita akan tertinggal jauh. (esd,tikim)

 

Kembali