Rapat Koordinasi Pengawasan Orang Asing Dalam Masa Pandemi Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang

28 Mei 2021

Jumat  (28/05), Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, mengadakan Rapat Koordinasi Pengawasan Orang Asing dalam Masa Pandemi, dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Felucia Sengky Ratna dan dihadiri oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Bertempat di Aula lantai 2 Kanim Tangerang. Bersama Kanwil Kemenkumham Banten dan instansi lain terdiri dari unsur TNI /POLRI, Kejaksaan, Dukcapil, Satpol PP, acara dilaksanakan secara daring.  

Dalam rapat kali ini, Kakanim Tangerang menjelaskan bahwa “kondisi pandemi sangat membatasi gerak langkah kita, sehingga kita tidak ingin terjadi adanya kerumunan.” Agenda selanjutnya Kanim Tangerang akan diadakan operasi gabungan yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi  Sistem Pengaduan Orang Asing atau SIPOA. Selain itu masyarakat dapat memanfaatkan ruang terpadu pelaporan orang asing yang selalu buka 24 jam. Tentunya inovasi ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di masa pandemi ini karena tanpa berkerumun kita tetap bisa melaksanakan penegakan hukum Keimigrasian.

Dengan adanya Timpora diharapkan dapat menjadi wadah untuk saling bertukar informasi , sehingga kita dapat melakukan pengawasan secara optimal dan menyeluruh terhadap keberadaan orang asing. Timpora adalah tim yang didalamnya terdapat berbagai instansi yang memiliki beragam fungsi untuk melakukan pengawasan orang asing.

Mari kita perkuat kepemilikian data , lakukan kordinasi , perkuat pemberdayaan masyarakat karena orang asing berada di tengah- tengah masyarakat. Imigrasi,  harus lakukan sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat juga dapat berperan aktif dalam melaporkan keberadaan orang asing.

Semoga dengan diselenggarakan nya kegiatan ini, seluruh instansi terkait , Imgrasi Khususnya dan lapisan masyarakat dapat  mendeteksi keberadaan orang asing di wilayah Tangerang. 


(penulis: eva saridewi, humas kanim Tangerang)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kembali