Terobosan Revolusi Digital 2020 Kemenkumham RI, SADA Kumham

15 Oktober 2020

Imgrasi Tangerang, 15/10/2020 - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham) telah melakukan suatu terobosan yang revolusioner di bidang pelayanan publik pada Senin lalu 12 Oktober 2020. Menteri Hukum dan HAM RI (Menkumham), Yasonna Laoly, ingin kualitas layanan publik di Kemenkumham terus meningkat, konsisten, dan berkomitmen. Untuk itu pelayanan publik di Kemenkumham perlu terobosan yang revolusioner melalui penerapan teknologi informasi.

Perkembangan teknologi informasi memaksa Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenkumham terus berinovasi dan mengembangkan teknologi untuk mendukung terwujudnya tata kelola birokrasi yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Penerapan teknologi informasi merupakan langkah yang strategis, dan diperlukan transformasi pelayanan publik ke arah digital untuk mempercepat dan memudahkan pelayanan.

Selain meresmikan pengukuhan Revolusi Digital Pelayanan Publik pada 11 unit utama, Menkumham juga melakukan launching Sada Kumham (Satu Data Kemenkumham) pada laman https://sada.kemenkumham.go.id. Sada Kumham yang memiliki dua dasbor, yaitu eksekutif dan publik, penting untuk mewujudkan e-governance dan dapat digunakan oleh para pimpinan Kemenkumham dalam mengambil kebijakan-kebijakan penting dan strategis.

Kehadiran pimpinan kementerian/lembaga pada kegiatan ini juga turut mendukung langkah Kemenkumham dalam mengimplementasikan reformasi birokrasi dan reformasi digitalisasi yang diterapkan di Kemenkumham.

Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai, mengatakan inovasi ini harus mampu dipelihara dengan baik, bahkan dapat juga ditiru oleh kementerian dan lembaga yang lain. Sementara itu, Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN, Basseng, berharap revolusi ini dapat mengubah mindset kita, khususnya kepada para pemimpin untuk menjadi digital leadership. Demikian menurut Sekjen Kemenkominfo, Rosarita Niken Widiastuti mengatakan bahwa, Menkominfo mengapresiasi dan memberikan penghargaan tinggi atas pengukuhan revolusi digital pelayanan publik Kemenkumham, sebab transformasi digital menjadi instruksi Presiden Jokowi.

 

(ps, TIkim)

Kembali