4 Orang Warga Negara Asing Diamankan dalam Kegiatan Timpora Tangerang Selatan

16 Oktober 2019

 

Tangerang Selatan – Kantor Imigrasi Tangerang Kelas I Non TPI Tangerang bersama dengan instansi – instansi pemerintah yang tergabung dalam wadah Timpora (Tim Pengawasan Orang Asing) melakukan kegiatan operasi pengawasan orang asing pada Selasa (15/10). Operasi pengawasan orang asing yang kali ini bertempat di wilayah Tangerang Selatan diikuti oleh unsur gabungan seperti Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan, Detasemen Polisi  Militer 01 Tangerang, Komando Distrik Militer 0506, Polres Tangerang Selatan, Kesbangpol Tangerang Selatan, Bais TNI, BIN, BNN Tangerang Selatan, Disdukcapil Tangerang Selatan, serta Disnaker Tangerang Selatan.

Kegiatan diawali dengan paparan singkat dan rapat koordinasi yang dipimpin oleh Kepala Seksi Inteldakim Kanim Tangerang, Novan Indriyanto, dan perwakilan Bais TNI, Kapten Andri. Dalam paparannya, Novan menjabarkan keberhasilan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang dalam menjalankan fungsi pengawasan orang asing. Sebanyak 442 Warga Negara Asing (WNA) diberikan Tindakan Administratif Keimigrasian berupa deportasi selama Januari hingga Oktober 2019. Kapten Andri melalui paparannya menegaskan pentingnya pengawasan orang asing. Menurutnya, semua tugas yang dilakukan ini adalah demi kepentingan negara sehingga instansi – instansi yang hadir diminta untuk menghilangkan ego sektoral yang ada. Selain itu, Kapten Andri menekankan pentingnya koordinasi antar instansi sehingga diharapkan dapat saling memberikan informasi terkait kehadiran orang asing di wilayahnya masing – masing.

Salah satu apartemen di bilangan Ciputat menjadi lokasi pertama pengawasan orang asing. Di lokasi ini, tim berkoordinasi dengan pihak manajemen gedung mengenai keberadaan orang asing. Setelah mendapati informasi ruangan yang disinyalir terdapat orang asing, tim lalu menyebar ke setiap sudut untuk mempersempit ruang gerak dan juga untuk menghindari orang asing yang berusaha melarikan diri.

Tidak mudah bagi tim untuk menelusuri keberadaan orang asing di lokasi tersebut. Bahkan salah satu orang yang berada di salah satu kamar sempat menyembunyikan keberadaan orang asing di lemari dapur. Beruntung salah satu anggota yang melakukan penggeledahan kamar tersebut menemukan orang asing yang bersembunyi. Orang asing yang bersembunyi dan orang yang berada di kamar tersebut lalu diamankan oleh tim untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Tim lalu berpindah ke kamar berikutnya dan mendapati orang asing yang tidak kooperatif. Karena tidak kooperatif terhadap petugas, tim akhirnya melakukan pendobrakan pintu untuk mengamankan WNA yang bersembunyi. Dari lokasi pertama, tim lalu bergerak ke lokasi berikutnya yaitu sebuah apartemen di daerah yang sama. Di lokasi kedua, tim tidak menemukan orang asing yang menjadi target operasi.

Dari Operasi Gabungan ini, tim berhasil mengamankan sebanyak 4 orang asing yang diduga melakukan pelanggaran keimigrasian. Saat ini 4 orang asing tersebut berada di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang guna menjalani pemerikasaan lebih lanjut.

Kembali