Kakanwil Kemenkumham Banten Cek Pelayanan Publik Berbasis HAM di Imigrasi Tangerang

26 September 2019

Tangerang – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Imam Suyudi, beserta pejabat pratama di lingkungan Kanwil Kemenkumham Banten melakukan kunjungan ke Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang pada Kamis (26/09) siang dalam rangka melakukan verifikasi pemenuhan kriteria pelayanan publik berbasis HAM (Hak Asasi Manusia) pada Unit Pelaksana Teknis (UPT). Dalam kunjungannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten yang tiba bersama dengan Plt. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Dodi Karnida H. A., langsung meninjau kelengkapan sarana dan prasarana pelayanan publik berbasis HAM. Tim dari Kanwil Kemenkumham Banten memeriksa setiap sarana dan prasarana yang ada untuk disesuaikan dengan daftar acuan yang dibawa oleh tim. Selain melakukan peninjauan, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten juga menyempatkan diri menyapa beberapa pemohon yang sedang menerima layanan di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang. Imam Suyudi juga terlihat bercakap – cakap dengan petugas piket layanan yang saat itu sedang bertugas guna mengetahui pelayanan yang ada.

Sejak tahun 2018, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang telah melakukan pembenahan sarana dan prasarana terkait pelayanan publik berbasis HAM. Fasilitas tersebut antara lain ramp prioritas, parkir khusus disabilitas, kursi roda, ruang menyusui, ruang tunggu prioritas, loket prioritas, antrian khusus prioritas, jalur khusus priorias, toilet difabel, dan lainnya. Fasilitas yang tersedia ini bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan kategori rentan / prioritas. Katergori prioritas adalah pemohon lanjut usia, anak usia dibawah 5 tahun, bayi, ibu hamil/menyusui, dan penyandang disabilitas.

Rencananya, hasil dari verifikasi ini akan disampaikan kepada Tim Penilai Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia untuk dinilai dan sebagai acuan pengusulan Satuan Kerja Berbasis Ramah HAM.

Kembali