Hadiri Desk Evaluasi Zona Integritas, Imigrasi Tangerang Optimis Meraih Predikat WBK

23 Agustus 2019

 

Jakarta – Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang telah mengikuti kegiatan Desk Evaluasi Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pembangunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) yang bertempat di Meeting Room Hotel Grand Kemang Jakarta pada Kamis (22/8). Hadir dalam kegiatan ini Herman Lukman (Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang), Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas yang diketuai oleh Taufiq Hidayat, dan 2 (dua) orang evaluator dari Kemenpan-RB.

Mengawali kegiatan paparan, tim melakukan yel – yel untuk menambah semangat seluruh peserta yang hadir di ruangan tersebut. Kegiatan dilanjutkan dengan paparan mengenai pembangunan Zona Integritas oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang. Dalam paparan tersebut, Herman Lukman menyampaikan perubahan – perubahan yang terjadi pada setiap lini pelayanan terkait pembangunan Zona Integritas. Paparan lalu dilanjutkan dengan proses pelaksanaan 6 (enam) area perubahan yang telah dilakukan dan inovasi berbasis IT yang dikembangkan dan dibangun dalam rangka peningkatan pelayanan publik. Inovasi tersebut adalah Self Check-In Kiosk (Check In Antrian Mandiri), Sistem Status Paspor Berbasis Whatsapp, Sistem Notifikasi Pasor Berbasis Whatsapp, dan Sistem Digitalisasi Arsip.

Sesi diskusi dan tanya jawab lalu dilakukan antara tim evaluator dan tim kerja. Diskusi yang berlangsung membahas mengenai paparan yang disampaikan, inovasi yang telah dibangun, cara pemberantasan pungli (pungutan liar) dan gratifikasi, dan peningkatan pelayanan publik. Kepala Kantor dan Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh evaluator dengan baik. Sesi diskusi ini dihadiri juga oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi, Maryoto Sumadi. Pada sesi ini, Maryoto Sumadi ikut memantau jalannya tanya jawab dan diskusi yang berlangsung. Kegiatan lalu ditutup dengan optimisme tim dalam menjawab pertanyaan evaluator terkait kelayakan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang untuk mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi.

Kembali