Demi Menghindari Petugas, Orang Asing Nekat Memanjat Genteng Rumah Warga

11 Juli 2019

 

Tangerang – Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang  kembali melakukan pengawasan terhadap Orang Asing yang kali ini dilakukan di area Tangerang Selatan pada Kamis (11/07). Kegiatan ini dilakukan oleh Timpora (Tim Pengawasan Orang Asing) yang merupakan gabungan unsur – unsur yang terdiri dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Kantor Imigrasi kelas I Non TPI Tangerang, Detasemen Polisi Militer 01 Tangerang, Kodim 0506, Polres Kota Tangerang Selatan, Kesbangpol Kota Tangerang Selatan, Bais TNI, BNN, Disdukcapil Kota Tangerang Selatan, Disnaker Kota Tangerang Selatan, dan Satpol PP Kota Tangerang Selatan.  

Salah satu apartemen di area BSD menjadi lokasi pertama Pengawasan Orang Asing. Proses pengamanan ini tidak berlangsung mulus karena Orang Asing tersebut tidak bersikap kooperatif. Petugas bersama dengan Teknisi dan Pihak Manajemen Apartemen terpaksa harus menjebol kunci  pintu kamar unit apartemen  karena mereka tidak membukakan pintu. Tindakan tidak kooperatif juga dibarengi dengan aksi nekat yang dilakukan mereka. Salah satu Orang Asing bahkan berani melompat ke balkon unit apartemen sebelahnya yang terletak di Lantai 7. Selain itu, orang asing lainnya berani merayap turun balkon  dari lantai 3 demi menghindari petugas. Dari lokasi ini, petugas berhasil mengamankan  4 orang asing.

Lokasi kedua yang didatangi adalah salah satu Komplek Kost yang berada di area Gading Serpong. Lagi-lagi petugas mendapatkan perlawanan dari orang asing tersebut. Beberapa dari orang asing nekat naik ke atas atap rumah kos, sehingga terjadi aksi kejar-kejaran antara petugas dengan orang asing. Terdapat 6 orang asing yang diamankan oleh petugas.

Sebuah warung makan yang terletak di bilangan Gading Serpong menjadi lokasi terakhir pengawasan Orang Asing. Warung makan yang beroperasi di lantai satu ternyata memiliki beberapa kamar kos di lantai 2. Kamar-kamar kos ini yang menjadi tempat tinggal Orang Asing. Orang Asing yang menyadari keberadaan tim berusaha melarikan diri ke arah pemukiman warga melalui atap rumah. Mereka juga berusaha bersembunyi di rumah warga. Beruntung, warga mengetahui hal tersebut dan melaporkan pada Petugas.

Dari Operasi Gabungan ini, tim berhasil mengamankan sebanyak 17 Orang Asing yang diduga melakukan pelanggaran Keimigrasian. Saat ini 17 Orang Asing tersebut berada di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang guna menjalani pemerikasaan lebih lanjut.

Kembali