Perkuat Kembali Fondasi Berbangsa Melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila

1 Juni 2019

Tangerang – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara terpusat yang bertempat di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas IA Tangerang pada Sabtu pagi (01/06). Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni ini merupakan momen bagi bangsa untuk kembali menghayati dan mendalami makna kesatuan dan persatuan, menguatkan kembali fondasi berbangsa sekaligus mengenang peristiwa tercetusnya Pancasila sebagai dasar negara. Upacara yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Imam Suyudi, ini diikuti oleh seluruh pegawai pada Unit Pelaksana Teknis yang ada di provinsi Banten.

Dalam amanatnya, Imam Suyudi menyampaikan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Menurutnya, Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.  Tujuan dilaksanakannya peringatan upacara ini adalah untuk mengenang dan merefleksikan momentum sejarah serta merayakan kebersamaan dan harapan  untuk menyongsong kehidupan berbangsa yang lebih baik.

Di akhir amanat, Imam Suyudi juga berpesan untuk secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.


Kembali