82.363 Arsip Fisik Substantif yang Telah Lewat Masa Retensi Dimusnahkan

22 April 2019

 

Tangerang – Seiring dengan tingkat kebutuhan paspor yang semakin tinggi, kebutuhan akan ruang penyimpanan arsip yang memadai juga sangat dibutuhkan. Salah satu cara untuk mewujudkan tata kelola arsip yang baik dan benar adalah dengan melakukan pemusnahan arsip yang ada. Kondisi ruang penyimpanan arsip yang terbatas juga menjadi salah satu pertimbangan untuk melakukan pemusnahan arsip secara periodik. Mempertimbangkan hal – hal tersebut, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang kembali mengadakan kegiatan pemusnahan arsip fisik substantif pada Senin (22/04). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Divisi Yankum Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, perwakilan Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemenkumham, dan perwakilan struktural Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang.

Sebanyak 82.363 berkas arsip fisik substantif yang berupa arsip permohonan paspor WNI tahun 2016 dimusnahkan dalam kegiatan ini. Kegiatan diawali dengan paparan mengenai arsip yang akan dimusnahkan dan diskusi terkait hal tersebut. Kegiatan lalu dilanjutkan dengan proses pemusnahan yang dilakukan secara simbolis oleh perwakilan dari Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Kepala Divisi Yankum Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, dan Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Kemenkumham Banten. Penandatanganan Berita Acara Pemusnahan menjadi penutup dari kegiatan pemusnahan arsip fisik substantif keimigrasian.

Untuk mewujudkan tata kelola arsip yang baik, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang saat ini telah menerapkan pengelolaan arsip secara digital dengan menggunakan aplikasi yang telah dikembangkan. Dengan penerapan sistem ini, maka data transaksi keluar masuk arsip dapat lebih mudah untuk dikelola. Inovasi akan terus dilakukan sehingga dapat terwujudnya peningkatan pelayanan publik ke arah yang lebih baik.

 

 

 

Kembali