Pembinaan Zona Integritas dalam Mewujudkan WBK WBBM oleh Kabalitbang HAM

16 April 2019

 

Tangerang - Dalam mewujudkan satuan kerja WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, dilaksanakan pembinaan dalam rangka pembangunan zona integritas yang bertempat di aula Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Selasa (16/4) dan dihadiri oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Banten, Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Banten, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Banten, beserta perwakilan dari masing-masing satuan kerja (satker) dan rombongan. Kegiatan kali ini berfokus pada pembahasan Indeks Persepsi Korupsi (IPK), Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), serta paparan dalam meraih WBK dan WBBM.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Banten, Sorta Delima Lumban Tobing, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Imam Suyudi. Kegiatan lalu dilanjutkan dengan paparan dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, Asep Kurnia.

Melalui paparannya, Asep Kurnia menjelaskan mengenai indikator penilaian dalam rangka meraih WBK dan WBBM serta penjelasan mengenai cara masing masing satker dalam meraih predikat tersebut. Menurutnya, IPK dan IKM sangat penting untuk diperhatikan oleh masing masing satker. Berdasarkan survei tahap I, saat ini tren IKM masing-masing sudah mengalami peningkatan, namun hasil survei IPK masih memerlukan perbaikan. 

Penelitian yang telah dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM dapat menjadi tolok ukur instansi dalam memberikan rekomendasi mengenai kebijakan dari program yang telah dijalankan. Hasil dari penelitian tersebut juga dapat menjadi gambaran mengenai isu – isu yang mungkin terjadi ke depannya dan membantu instansi untuk melakukan perbaikan terhadap pelayanan yang diberikan.

Saat berita ini diturunkan, acara masih berlangsung.

Kembali