Internalisasi Pencegahan TKI Non Prosedural

13 Februari 2019

 

Tangerang - Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten melaksanakan kegiatan "Internalisasi Pencegahan TKI Non Prosedural (Target Kinerja B03)" yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang pada Rabu (13/2) diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan pegawai yang ada di lingkungan kantor. Hadir pada kegiatan ini Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Martahan Hutapea, beserta rombongan. 

Sebagai pembicara pada kegiatan ini, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Yayan Indriana menjelaskan teknis pencegahan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural kepada seluruh peserta yang hadir. Pencegahan PMI Non Prosedural didasari oleh kekhawatiran banyaknya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang dilakukan di luar negeri. TPPO digolongkan sebagai kejahatan yang bersifat luar biasa sehingga dalam penanganannya juga dibutuhkan cara yang luar biasa. Dalam melakukan pencegahan tersebut, petugas dapat menjadikan Surat Edaran Ditjenim Nomor IMI-0277.GR.02.06 Tahun 2017 tentang pencegahan TKI Non Prosedural sebagai dasar dalam penerbitan paspor.

Sebagai penutup, pembicara mengingatkan kepada seluruh peserta untuk selalu menerapkan prosedur yang baik dan benar dalam menjalankan tugasnya masing masing.

 

 

 

 

 

Kembali