SOSIALISASI PENGAWASAN ORANG ASING MELALUI “APOA” (APLIKASI PELAPORAN ORANG ASING)

14 Juni 2017

Tangerang, 24 Mei 2017 Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang mengadakan Sosialisasi Pengawasan Orang Asing melalui “APOA” (Aplikasi Pelaporan Orang Asing). Acara yang diselenggarakan di Hotel Atria Gading Serpong dihadiri oleh peserta yang terdiri dari dari Instansi terkait, Perusahaan pengguna Tenaga Kerja Asing, Pengelola Hotel, Apartemen, Penginapan, perwakilan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten dan juga staff Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang.

Kegiatan Sosialisasi ini diawali dengan Laporan dari Kepala Kantor Imgrasi Kelas I Tangerang Bpk. M.T. Satiawan Dalam Laporannya Bapak Kakanim menekankan bahwa Acara ini penting dalam rangka menyingkapi kebijakan pemerintah, terutama dalam aspek pariwisata untuk mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan mancanegara serta para penanam modal guna menambah devisa Negara. Imigrasi memiliki kewajiban untuk mengawasi seluruh warga negara asing yang ada dinegara indonesia khususnya wilayah Kantor Imigrasi Tangerang.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan dari Bapak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Bpk. Ajub Suratman mengapresiasi Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang atas terselenggaranya acara ini. Dalam sambutannya Bapak Kakanwil menjelaskan Negara kita negara hukum yang memiliki peraturan-peraturan sendiri. Sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 Keimigrasian keluar masuk orang asing harus melalui imigrasi sebagai pintu gerbang. Dengan menunjukan dokumen-dokumen keimgrasian kepada petugas imigrasi untuk dapat masuk dan keluar Negara indonesia. Orang asing yang diperbolehkan masuk keindonesia haruslah orang asing yang menguntungkan dan membawa manfaat untuk Negara indonesia. Untuk mempermudah dalam pelaporan data keberadaan orang asing kini telah diterbitkan Sistem online berbasis teknologi yang di sebut Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA), setiap pemilik penginapan atau perorangan yang bertanggung jawab melaporkan keberadaan orang asing melaui aplikasi tersebut. Sesuai dengan dokumen (paspor) keimgrasian yang dimiliki oleh tamu hotel (orang asing). 

Narasumber Sosialisasi Pengawasan Orang Asing melalui “APOA” (Aplikasi Pelaporan Orang Asing) kali ini yaitu Bapak. R. Fitri Saptaji Soemoeijo Pranadiningrat selaku Kepala Seksi Pengawasan Wilayah II Direktorat Pengawasan Dan Penindakan Keimigrasian dengan judul materi Peran Pemilik Hotel, Penginapan Dan Penjamin Orang Asing Dalam Memberikan Informasi Keberadaan Orang Asing dan narasumber yang kedua yaitu Bapak Alphan Doli Nugraha perwakilan dari Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian dengan Menjelaskan dan mensimulasikan bagaimana cara menggunakan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) sebagai media untuk memberikan data update jumlah keberadaan orang asing yang menyewa tempat tinggal selama berada di Indonesia.

Kembali