Bangun Citra positif dengan Pengelolaan Pengaduan yang Baik

9 Juni 2022

Tangerang (09/06) Kembali kantor Imigrasi kelas I Khusus Non TPI Tangerang menyelenggarakan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima, namun kali ini dikhususkan kepada Pengelolaan Pengaduan Masyarakat melalui layanan Aplikasi E-Lapor. Kegiatan dihadiri oleh 19 Satuan Kerja di wilayah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham.

Dalam laporannya, Toto Suryanto, yang saat ini menjabat sebagai Plt. Kepala Kantor, menyampaikan  dengan adanya pengaduan dari masyarakat, terdapat hal positif yang bisa ditimbulkan, yaitu dapat menumbuhkan kreativitas dan inovasi mencari solusi dalam menangani pengaduan tersebut.

Standar pelayanan publik yang telah dibuat dan ditetapkan tidak menjamin bahwa penyelenggaraan pelayanan publik memilik kualitas yang baik. Karena itulah pentingnya pengelolaan pengaduan dikelola dengan baik dan efektif dalam rangka membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat selaku pengguna layanan untuk berpartisipasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.

Atas dasar tersebut, timbullah suatu wadah pelayanan pengaduan yang tersedia saat ini salah satunya adalah E LAPOR!  yang sudah beberapa tahun ini di perkenalkan kepada publik sebagai wadah untuk menampung keluh kesah masyarakat.

Tejo Harwanto, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten dalam arahannya menyampaikan agar unit pelaksana teknis di wilayahnya dapat saling berbagi memberikan berita-berita di halaman media sosial masing-masing sehingga timbul citra positif Kementerian Hukum dan Ham. 

Ujo Sujoto, Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham, yang turut hadir juga berpesan agar dalam meningkatkan kompetensi, poin-poin yang harus diperhatikan adalah mengetahui permasalahan, mendalami, mengerti dan exercise. Tidak lupa juga tanamkan dalam diri kita bahwa kita adalah pelayan masyarakat. Apabila ada pengaduan harus diselesaikan dengan responsif, humanis dan tuntas serta hindari miskomunikasi dikarenakan ada informasi yang tidak sampai ke masyarakat sehingga menimbulkan berita viral di media. Beliau juga berpesan supaya tidak ada diskriminasi dalam pelayanan yang diistilahkan dengan “ first come, first out” 

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi paparan oleh dua orang narasumber dari Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI dan Kanwil Kemenkumham Banten terkait dengan E LAPOR!

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab, diharapkan dengan kegiatan ini tercipta penyelenggara pelayanan yang dapat memahami dan  menerapkan secara sungguh-sungguh semua ketentuan yang berlaku dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik sebagai cerminan bahwa pemerintah benar-benar hadir untuk melayani masyarakatnya.

Kembali