Kepala Kantor Imigrasi Tangerang Turut Tandatangani Pakta Integritas Dalam Pencanangan Zona Integritas se-Tangerang Raya

18 Februari 2021

Tangerang, 18/02/2021 – Felucia Sengky Ratna, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang mendukung penuh pelaksanaan pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM) yang merupakan agenda tahunan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dimana kali ini kegiatan dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten bertempatan di Aula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang. Setelah meraih predikat WBK dan WBBM Imigrasi Tangerang berkomitmen untuk mempertahankan kinerja Sangat Baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang merupakan salah satu tugas dan fungsi keimigrasian.

Penandatanganan Pakta Integritas dan Komitmen Bersama Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM dilaksanakan secara serentak oleh 10 Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka UPT) di lingkungan Kementerian Hukum dan Ham Banen Wilayah Tangerang Raya. Disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah, Agus Toyib, kegiatan turut dihadiri Kepala Divisi Keimigrasian, Kepala Divisi Pemasyarakatan,Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ketua Ombudsman RI Perwakilan Banten, Ketua Pengadilan Negeri Tangerang, serta Para Perwakilan dari BNN Kota Tangerang, Polres Metro Tangerang, Polres Kota Tangerang, dan Kejaksaan Negeri Tangerang. Kegiatan ini juga diikuti secara daring oleh jajaran UPT se-Tangerang Raya yakni Pejabat Pengawas, Pejabat Pelaksana, Fungsional serta Aparatur Sipil Negara se-Tangerang Raya yang sedang melaksanakan Work From Officemaupun Work From Home.

10 UPT yang telah melaksanakan Pencanangan ZI menuju WBK/WBBM antara lain Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Lapar Kelas I Tangerang, Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, Lapas Perempuan Kelas IIA Tangerang, Lapas Kelas IIA Tangerang, LPKA Kelas I Tangerang, Lapas Kelas IIB Terbuka Ciangir, Bapas Kelas I Tangerang,danBapas Kelas II Ciangir, Rutan Kelas I Tangerang

Pada kesempatan ini, Agus Toyib menyampaikan bahwa pencanangan ini sejatinya bukan hanya seremonial semata, namun langkah awal kita dalam mengimplementasikan ke dalam impelementasi yang nyata. Tunjukan sikap mau berubah, berubah secara nyata, bukan sekedar wacana atau konsep. Kita harus siap untuk berubah dan mau menerima perubahan. Karena untuk mewujudkan Zona Integritas membutuhkan tekad yang kuat dan semangat yang kuat. Tunjukan jika seluruh jajaran paham apa itu Zona Integritas. Agus Toyib berpesan agar para Kepala Satker untuk sering turun ke lapangan dan melihat langsung kondisi jajarannya guna memastikan jajarannya melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuansebagai wujud kemampuan dalam melakukan fungsi pembinaan dan pengawasan dengan baik.

Pada kesempatan ini, Dedy Irsan selaku Ketua Ombudsman RI Perwakilan Banten berkesempatan memaparkan hal-hal yang perlu menjadi perhatian dalam melakukan Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM yakni dengan melakukan Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Layanan Publik. Disampaikan juga Ombudsman akan dengan senang hati mendukung serta mengawasi bagi siapa saja instansi/Lembaga yang berkomitmen untuk melakukan perbaikan kualitas pelayanan publik. Tentunya dengan harapan, Pencanangan Pembangunan Zona Integritas bukanlah hanya sekedar deklarasi semata namun diwujudkan dalam kerja nyata secara sungguh-sungguh.

Komitmen Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang untuk mempertahankan predikat WBK/WBBM yang telah diraih tentunya juga menjadi komitmen bersama seluruh jajaran Imigrasi Tangerang dalam mendukung arah kebijakan Kepala Kantor guna terwujudnya Imigrasi Tangerang Sangat Baik dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. (Tikim)

 

 

Penulis:

Purwasary, Analis Keimigrasian Ahli Muda

Kembali