Peresmian Ruang Pelayanan Keimigrasian Terpadu (PKT) dan Peluncuran Aplikasi Sistem Pengaduan Orang Asing (SIPOA) Imigrasi Tangerang

29 Januari 2021

Tangerang, 29/01/21 – Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang telah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) bertekad dan berkomitmen untuk selalu mengedepankan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat bagi Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA). Awal tahun 2021 Imigrasi Tangerang tepatnya 07 Januari 2021 lalu telah diresmikan inovasi Immigration Cornerdi Universitas Bina Nusantara, Alam Sutera. Dengan semangat kinerja Imigrasi Tangerang PASTI Produktif, kembali hari ini dilaksanakan kegiatan peresmian inovasi kedua Ruang Pelayanan Keimigrasian Terpadu (PKT) dan peluncuran Aplikasi Sistem Pengaduan Orang Asing (SIPOA). Inovasi ini merupakan bukti keseriusan Kantor Imigrasi Non TPI Tangerang guna meningkatkan penegakan hukum dalam rangka pengawasan orang asing dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi intelijen dan penindakan keimigrasian di wilayah kerjanya.

 

Felucia Sengky Ratna, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang pada pembukaan peresmian dan peluncuran inovasi menyampaikan bahwa Ruang PKT beroperasi 7x24 jam dan laporan yang masuk akan diselesaikan dalam waktu 1x24 jam didukung dengan SIPOA yang dapat diakses oleh masyarakat dimanapun dan kapanpun melalui pengoptimalan penggunaan teknologi yang mudah diakses seluas-luasnya oleh masyarakat guna menyampaikan laporan pengaduannya. Pengembangan inovasi ini merujuk pada data pelaporan tentang keberadaan dan pelanggaran keimigrasian serta munculnya potensi kerawanan yang seringkali ditimbulkan orang asing di tengah masyarakat. Kami ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dan menghimbau agar masyarakat dapat membantu memanfaatkan SIPOA dalam rangka penegakan hukum keimigrasian khususnya pengawasan terhadap orang asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang. Fasilitas lainnya yang diberikan adalah dengan menyediakan ruang pelayanan bagi Deteni yang merupakan sarana tempat bertemunya Deteni dengan keluarga atau orang berkepentingan terkait dengan WNA/Deteni.

 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengikuti Protokol Kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang bertempat di Aula lantai 2 Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang diresmikan secara langsung oleh Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Pria Wibawa didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Banten, Ahmad Firmansyah dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Felucia Sengky Ratna. Turut menyaksikan Kepala Unit Pelaksana Teknis di wilayah kerja Kanwil Kemenkumham Banten, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Banten, perwakilan Badan Kesbangpol Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang, Camat Serpong Utara, Setu,Cikupa, Pasar Kemis, Tangerang, dan Karawaci, serta para Pejabat Pengawas dan Pejabat Pelaksana Imigrasi Tangerang.

 

Ahmad Firmansyah menyampaikan bahwa Kantor Wilayah Kemenkumham Banten selalu memberikan dukungan dan semangat kepada seluruh UPT di wilayah Banten untuk berlomba-lomba menciptakan inovasi yang tentunya dapat mendukung peningkatan pelayanan publik. Pelaksanaan kegiatan ini menjadi sebuah refleksi dalam melayani dan memberikan kepastian hukum kepada masyarakat. Selain mengingatkan agar petugas tetap menjaga imunitas tubuh dan menerapkan Protokol Kesehatan, Kepala Divisi Keimigrasian juga mengharapkan agar inovasi ini dilaksanakan secara konsisten, terus menerus dan bahkan ditingkatkan ke depannya. Untuk mewujudkan kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0 dan mendorong masyarakat untuk dapat berperan aktif melaporkan keberadaan serta kegiatan orang asing di wilayah Tangerang Raya.

 

Dalam sambutannya Pria Wibawa juga menyampaikan rasa bangga karena masih dalam suasana Hari Bhakti Imigrasi Ke-71 dapat menghadiri peresmian Inovasi khususnya di bidang Pengawasan Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang. Hal ini sejalan dengan semangat revolusi digital, inovasi berbasis teknologi yang terus diciptakan satuan kerja Imigrasi demi meningkatkan pelayanan telah sesai dengan yang dicanangkan oleh Menteri Hukum dan HAM RI, tentunya diharapkan dapat memberi manfaat khususnya bagi masyarakat dan tentunya dapat diikuti oleh satuan kerja Imigrasi lainnya. Dilanjutkan dengan melakukan peninjauan langsung Ruang PKT dan SIPOA yang baru selesai diresmikan dan diluncurkan. Sumber Daya Manusia Imigrasi Tangerang Maju, Indonesia Unggul. (Tikim)

 

Penulis:

Purwasary, Analis Keimigrasian Ahli Muda

Kembali