Peresmian 12 Inovasi Imigrasi Tangerang Optimalkan Tugas dan Fungsi Pelayanan Publik

18 November 2020

 

Imigrasi Tangerang, 18/11/2020 – Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Felucia Sengky Ratna, menyampaikan laporan optimalisasi tugas dan fungsi Imigrasi Tangerang berupa 12 inovasi pelayanan publik yaitu Lentera (Layanan Terpadu Permohonan Paspor), WhatsApp Gateway, Si ROSI (Layanan Satu Hari Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian), Gesit (Gerai Paspor Mall TangCity), Si Pintar (Mesin Antrian Pengambilan Paspor), Jebol (Jemput Bola), Bima (Mobil Informasi Keimigrasian), Immigrasi Corner, i-Tone (Immigration Tangerang on Emmergency Call), Podcast Bintang (Bincang Imigrasi Tangerang), Digits (Digital Immigration Tangerang Services), dan SiTaNos (Immigration Tangerang On Line Service) pada kegiatan peresmian inovasi Imigrasi Tangerang yang dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten (Kanwil Kumham Banten), beserta Plt. Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kumham Banten, Kepala UPT di lingkungan Kanwil Kumham Banten, beserta Pejabat Administrasi, Pejabat Pengawas, Pejabat Pelaksana dan jajarannya.

 

 

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kumham Banten, R. Andika Dwi Prasetya menyampaikan bahwa inovasi untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi pelayanan publik merupakan keharusan bagi setiap Satker yang saat ini sedang berkompetisi untuk mengikuti Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). 12 inovasi Imigrasi Tangerang merupakan salah satu kebanggaan bagi Kanwil Banten serta merupakan andalan untuk meraih predikat WBBM yang dapat menjadi teladan bagi Satker lain yang harus kita banggakan dan berikan apresiasi. Diharapkan Imgirasi Tangerang terus berinovasi baik untuk peningkatan pelayanan bagi masyarakat serta pengawasan orang asing di wilayah kerjanya. 

 

 

Beliau juga menyampaikan bahwa inovasi-inovasi yang dikembangkan tetap penting untuk menerapkan apa yang diminta oleh pimpinan dan organisasi yang telah dimandatkan oleh Presiden Jokowi agar kita semua patuhtaat dan disiplin serta semua komponen Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi pelopor dalam menjalankan dan membudayakan Protokol Kesehatan dalam masa adaptasi kebiasaan tatanan baru. Protokol Kesehatan merupakan hal yang serius, agar setiap Kepala Satker memperhatikan zonasi penyebaran Covid-19 di lingkungan kerjanya sehingga dapat lebih sadar dan peduli terhadap pandemi yang tengah melanda dunia agar tidak menimbulkan menimbulkan potensi keresahan publikdalam memberikan pelayanan sangat baik kepada masyarakat.

 

 

Selanjutnya Kakanwil Kumham Banten mengucapkan terimakasih dan menyampaikan rasa bangga karena Imigrasi Tangerang terus meningkatkan inovasi dan pelayanan publik menunjukkan komitmen dalam mewujudkan good governance. Beliau mengharapkan dan berdoa agar Imigrasi Tangerang dapat meraih predikat WBBM. 

 

 

Secara simbolik dengan menekan tombol, Kakanwil Kumham Banten didampingi oleh Kepala Kantor Imigrasi Tangerang meresmikan 12 Inovasi Pelayanan Publik Imigrasi Tangerang yang telah dilaksanakan dan dikembangangkan sepanjang tahun 2020.

 

 

Selesai peresmian, Kakanwil Kumham Banten melakukan peninjauan pelaksanaan kegiatan pelayanan di lingkungan Kantor Imigrasi Tangerang dan diberi kesempatan mencoba siaran langsung Podcast Bintang (Bincang Imigrasi Tangerang) episode perdana sebagai narasumber dan dipandu oleh Kepala Kantor Imigrasi dengan Bincang Imigrasi Tangerang Menuju WBBM.

 

 

 

(ps, Tikim)

Kembali