Imigrasi Tangerang Gelar Rapat Pembahasan Penerbitan Paspor Calon Jamaah Haji 1441 H dengan Kemenag dan Disdukcapil Tangerang Raya

4 Oktober 2019

Tangerang – Dalam rangka menyambut agenda Pelayanan Paspor Bagi Calon Jamaah Haji Tahun 1441 H / 2020 M, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang melaksanakan Rapat Penerbitan Paspor Calon Jamaah Haji Tahun 1441 H / 2020 M yang bertempat di Ruang Rapat Kantor Imigrasi pada Jumat siang (04/10). Hadir dalam acara ini Pejabat Struktural Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, serta perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Kementerian Agama se-Tangerang Raya. Pelaksanaan acara ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan mencari solusi berkaitan dengan persyaratan permohonan paspor calon jamaah haji.

Kegiatan diawali dengan sambutan dan paparan yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Perjalanan, Taufiq Hidayat. Melalui sambutannya, Taufiq Hidayat menjelaskan mengenai maksud dari pelaksanaan rapat ini kepada peserta. Menurutnya, pembahasan mengenai penerbitan calon jamaah haji ini dilaksanakan lebih awal agar jamaah haji mempunyai cukup waktu untuk mempersiapkan dokumen persyaratan dalam pembuatan paspor. “Jangan sampai kegiatan jamaah haji itu tertunda karena hanya pembuatan dokumen – dokumen lainnya, baik itu dari persyaratan paspor ataupun lainnya, jadi lebih cepat lebih baik.” kata Taufiq melalui sambutannya yang lalu dilanjutkan dengan paparan. Dalam paparannya, Taufiq Hidayat menjelaskan kepada peserta rapat mulai dari persyaratan paspor, hingga data laporan penerbitan paspor. Disampaikan juga melalui paparan mengenai hasil kesepakatan bersama pada tahun lalu dan permasalahan – permasalahan yang terjadi saat ini.

Baik dari pihak Imigrasi Tangerang, Kementerian Agama maupun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyuarakan pendapatnya dalam sesi diskusi yang dibuka setelah paparan disampaikan. Beberapa permasalahan seperti dokumen persyaratan paspor, kesesuaian data dokumen,  perubahan data, hingga jangka waktu kerja dalam penerbitan suatu dokumen ikut diangkat dalam sesi ini.

Sesi diskusi berlangsung cukup aktif antara masing – masing perwakilan instansi untuk menyuarakan pendapatnya dan menyamakan persepsi. Beberapa poin akhirnya disepakati terkait permasalahan – permasalahan yang dibahas dan tertuang dalam nota kesepahaman bersama yang ditandatangani oleh perwakilan masing – masing instansi. “Saya berharap ada diskusi – diskusi lanjutan pada instansi masing – masing terkait dengan pembahasan kali ini”, kata Taufiq dalam sesi diskusi tersebut.

Dengan adanya acara ini diharapkan masing – masing instansi terkait dapat kembali menyamakan persepsi dan mencari solusi demi kelancaran dan kenyamanan calon jamaah haji dalam pelaksanaan agenda tahunan yaitu penerbitan paspor calon jamaah haji.


Kembali