Sistem Check-In Secara Mandiri Mulai Diterapkan di Kanim Kelas I Non TPI Tangerang

17 Juni 2019

 

Tangerang – Upaya mempercepat peningkatan pelayanan publik pada Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang terus dilakukan demi mendukung terwujudnya reformasi birokrasi pada pelayanan pemerintahan. Peningkatan pelayanan publik dapat diwujudkan dari berbagai aspek, salah satunya adalah dengan pemanfaatan teknologi. Perkembangan teknologi yang kian pesat saat ini patutnya disikapi dengan baik oleh semua pihak, salah satu contohnya adalah memanfaatkan teknologi tersebut dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Penerapan sistem antrian online yang saat ini diterapkan merupakah langkah dalam mewujudkan pelayanan imigrasi yang lebih baik lagi. Dengan sistem antrian online tersebut, masyarakat yang ingin melakukan pembuatan paspor tidak perlu lagi datang untuk antri di Kantor Imigrasi setempat karena pengambilan antrian paspor dapat dilakukan dimana saja dan juga masyarakat bebas menentukan jadwal kedatangannya.

Penerapan sistem antrian online yang saat ini diterapkan di tingkat nasional disikapi dengan baik oleh Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang. Dengan memanfaatkan sistem antrian online yang sudah ada, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang telah mengembangkan sistem yang dapat meningkatkan lagi kenyamanan masyarakat selaku pemohon paspor. Sistem yang dinamakan “Self Check-In Kiosk” ini memanfaatkan kode booking antrian online yang telah dimiliki oleh pemohon untuk melakukan “Check In” secara mandiri. Pemohon paspor yang telah memiliki kode booking antrian online dapat memanfaatkan komputer yang tersedia di pintu masuk ruang layanan permohonan paspor. Sistem “Check In” ini juga dilakukan untuk mensterilisasikan ruang pelayanan paspor agar hanya pemohon paspor saja yang dapat mengantri di ruang tunggu sehingga dapat meningkatkan kenyamanan pengantri. Selain itu, sistem ini juga untuk menggantikan panggilan antrian secara manual yang sebelumnya diterapkan di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang.

Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan publik demi terwujudnya Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

 

 

Kembali