Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang adakan Coffee Morning terkait Surat Rekomendasi Kementerian Agama bagi Jemaah Umroh

28 Februari 2018

Tangerang – Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang mengadakan Coffee Morning bersama Kementerian Agama Tangerang Raya (Kota Tangerang, kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang) terkait Surat Rekomendasi Kementerian Agama bagi Jemaah Umroh di Ruang Rapat Lantai 2 Kanim Tangerang, Selasa (27/02/2018). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala beserta Kasi dan Kasubsi Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang dan 6 orang Pejabat pada Kemenag Tangerang Raya.

Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, banyak masyarakat Indonesia yang pergi ke negara Timur Tengah untuk melakukan ibadah. Hal ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum untuk bekerja secara non prosedural dengan modus operandi umroh.

Untuk mencegah hal tersebut maka dibuat aturan bahwa bagi pemohon paspor dalam rangka umroh harus memiliki Surat Rekomendasi dari Kementerian Agama Kabupaten/ Kota. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-0277.GR.02.03 tahun 2017 tentang Pencegahan TKI Non prosedural yang ditegaskan kembali dengan Surat Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-GR.01.01-1029 tanggal 20 Maret 2017.

“Tujuan dari aturan tersebut adalah untuk mencegah adanya calon tenaga kerja non prosedural serta praktik perdagangan manusia,”kata Kakanim Herman Lukman.

Dalam rangka evaluasi dan koordinasi terkait aturan tersebut, Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang mengadakan rapat bersama yang dikemas sebagai Acara Coffee Morning dengan Kementerian Agama Tangerang Raya.

Acara coffee morning ini menghasilkan kesepakatan bersama, yaitu:

1. Surat Rekomendasi Umroh ditandatangani oleh Pejabat yang berwenang pada Kantor Kementerian Agama, yaitu Kepala Kantor atau Kepala Seksi atau Pejabat yang ditunjuk.

2. Surat Rekomendasi Umroh dikeluarkan selama Jemaah atau Travel berdomisili di wilayah Tangerang Raya.

Kembali