HBI ke-68, Jajaran Imigrasi Wilayah Banten Komitmen E-Gov PASTI SMILE

26 Januari 2018

Tangerang - Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang menjadi tuan rumah pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-68 Tahun 2018 di jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Jumat (26/01/2018). Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Cilegon Agus Winarto sebagai Komandan Upacara dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Banten Ajub Suratman bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly. “Hari Bhakti Imigrasi ini marilah kita jadikan sebagai momentum yang baik untuk instropeksi diri dan evaluasi saling sinergis dan saling menguatkan sehingga peran jajaran Imigrasi Kemenkumham lebih optimal lagi dalam melaksanakan tugas dan fungsi Imigrasi sekaligus berperan aktif dalam pembangunan nasional,” kata Kakanwil Ajub.

Upacara ini dihadiri oleh Dandim 0506/Tgr Letkol Inf Muhammad Imam Gogor, DanKesdam Tangerang, Kapolres Metro Tangerang, Kadiv Administrasi Bambang Wiyono, Kadivyankum Sri Kurniati Handayani Pane, Plt. Kadiv imigrasi I. Gunawan KS, seluruh pejabat struktural dan pegawai Kanim Kelas I Tangerang, Perwakilan dari Kanim Kelas I Serang, Kanim Kelas II Cilegon, dan Kanwil Kemenkumham Banten. Turut hadir Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diani sebagai tamu undangan. Acara kemudian dilanjutkan dengan syukuran pemotongan Tumpeng oleh Kakanwil bersama jajaran dan tamu Undangan.

“Ditjen Imigrasi berkomitmen implementasi e-Gov dalam penyelenggaraan keimigrasian dengan mengedepankan fasilitas pelayanan dan penegakan hukum keimigrasian yang berbasis teknologi Informasi,” ujar Ajub saat konferensi pers. Hal ini sesuai dengan tema ”Imigrasi E-Gov PASTI SMILE (Simpatik, Mumpuni, Integritas, Lugas dan Empati).”

Dalam 5 (lima) tahun terakhir Direktorat Jenderal Imigrasi telah mencapai perubahan-perubahan yang signifikan diantaranya Sistem pelayanan paspor terpadu, Bebas Visa Kunjungan bagi 169 negara, penambahan jumlah kantor Imigrasi menjadi 125, ditambah dengan 13 Rumah Detensi imigrasi (Rudenim), berdirinya 16 Unit Layanan Paspor (ULP), pelaksanaan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) dan Ijin Tinggal Online, pendaftaran ijin tinggal dan pembayaran PNBP Online. Saat ini telah diterapkan Enhance Cekal System (ECS), pembangunan Pusat Data Keimigrasian (Pusdakim), peerapan e-office di seluruh unit pelayanan teknis baik di dalam maupun di luar negeri, implementasi system Border Control Management (BCM), penerbitan Electronic Paspor (E-Paspor), Sistem Pelayanan Paspor Terpadu (SPPT) atau yang lebih dikenal dengan One Stop Service (OSS). Yang kesemuanya untuk mewujudkan e-Gov PASTI SMILE.

 

Kembali